Pastikan Kelancaran Program, Hafizha Tinjau Pelayanan KB MOW di RSAT






 

MC Bintan - Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani meninjau langsung pelaksanaan pelayanan KB Mantap MOW (Metode Operasi Wanita) yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Bintan, Rabu (04/09) di Rumah Sakit Ahmad Thabib.

MOW atau tubektomi sendiri adalah metode kontrasepsi mantap yang bersifat sukarela bagi seorang wanita bila tidak ingin hamil lagi. Cara yang dilakukan dengan mengoklusi tuba fallopi (mengikat dan memotong atau memasang cincin) sehingga sperma tidak dapat bertemu dengan ovum.

Pelayanan KB MOW telah dilaksanakan sejak 12 Agustus lalu. Target akseptor KB MOW Bintan berjumlah 66 orang. Dimana 58 akseptor diantaranya telah menjalani operasi, sementara 5 akseptor akan dioperasi pada hari ini. Sisanya 3 akseptor tidak dapat dilakukan operasi dikarenakan tidak lulus skrining akibat kista, kelebihan berat badan (overweight) dan terindikasi gangguan jantung. Sisanya 1 akseptor tidak dapat mengikuti operasi dikarenakan demam.

Hafizha yang hadir di RSAT sempat menemui beberapa akseptor yang akan dioperasi. Dirinya berbincang sambil melemparkan canda untuk menguatkan mental para akseptor yang pertama kali melakukan operasi.

"Alhamdulillah dari hari pertama pelaksanaan semua berjalan lancar. Ada beberapa yang tidak bisa dioperasi karena alasan medis. Tim dokter juga sudah kita temui tadi dan semua sesuai dengan target waktu yang kita rencanakan," kata Hafizha saat ditanyai disela kunjungannya.

Hafizha menilai program ini menjadi salah satu upaya untuk mengendalikan angka pertumbuhan penduduk demi pemerataan kesejahteraan. Di samping itu, juga ditegaskan bahwa MOW ini adalah kesukarelaan dari para wanita yang memang ingin menghindari kehamilan karena berbagai sebab. Seluruh masyarakat juga dihimbau untuk tidak sungkan jika ingin berkonsultasi dengan Dinas terkait maupun para Kader Posyandu untuk mengambil pilihan atau pun mengatur jarak kehamilan sesuai dengan rekomendasi medis.





pada Rabu, 04 September 2024 12:20:22 | 44 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "