Bupati Bintan Beri Amanat Sinergitas Saat Apel Kesiapsiagaan Bencana






 

MC Bintan - Bupati Bintan, Roby Kurniawan menjadi Pembina pada saat Apel Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten Bintan, Senin (13/05) di Halaman Kantor Bandar Seri Bentan. Apel rutin tahunan tersebut diikuti seluruh FKPD beserta beberapa instansi dan organisasi terkait mulai dari Tagana, PMI, dan sebagainya.

Dalam amanatnya, Bupati Bintan menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib melaksanakan pengawasan terhadap seluruh tahap penanggulangan bencana berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Untuk itu lah sinergitas bersama dikatakan Roby merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mengantisipasi maupun melakukan respon cepat saat terjadi bencana.

"Kolaborasi semuanya yang akan menjadikan kesiapsiagaan ini sukses. Tidak bisa sendiri-sendiri dan tidak bisa saling tumpang tindih, tapi satu sama lain saling mengisi dan bahu-membahu menurut kewenangan masing-masing," jelasnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya apel bersama ini. Menurut Roby, Bintan memiliki rentang wilayah yang luas dengan 175,873 jumlah penduduk yang tersebar bahkan hingga di pulau-pulau.

Bintan juga memiliki beberapa risiko bencana seperti tanah longsor, banjir, cuaca ekstrem, gelombang tinggi, kebakaran hutan, dan lahan hingga kekeringan yang bisa terjadi kapan saja.

Guna menanggulangi bencana tersebut maka ada beberapa poin yang harus dilakukan. Mulai dari memperkuat tata kelola kedaulatan dan logistik serta meningkatkan sistem kesiapsiagaan bencana yang terintregasi dalam sistem yang berbasis teknologi. Kemudian mempercepat implementasi strategi pembiayaan alternatif, mendorong terbentuknya mekanisme respon kedaulatan di tingkat daerah, melalui pembentukan tim reaksi cepat multi sektor di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Diharapkan kesiapsiagaan dalam seluruh komponen yang ada dalam menghadapi bencana yang selalu terjadi secara tiba-tiba, oleh karena itu diharapkan kerja sama dari seluruh intansi terkait sekaligus melibatkan masyarakat dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana.





pada Senin, 13 Mei 2024 12:36:23 | 147 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "